Selasa, 08 Maret 2016

Toko Online

toko online
toko online
Sebelum kita memulai bisnis melalui toko online, sebaiknya perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu toko online dan seperti apa model bisnis online itu.

Secara garis besar toko online itu hampir sama dengan toko offline (berbentuk fisik), dimana merupakan tempat untuk bertransaksi, ada penjual dan ada pembelinya. Yang biasa diperjualbelikan di toko online biasanya bisa berwujud produk barang atau jasa. Bedanya dengan toko offline, transaksi yang dilakukan di toko online biasanya berlangsung melalui internet. Yang artinya penjual dan pembeli tidak bertemu muka secara langsung. Komunikasi dilakukan melalui tekhnologi yang bisa berupa sms, chatting ataupun melalui jejaring sosial.

Lalu kenapa sih kita lebih memilih membuka toko online daripada toko offline atau toko fisik? Ada beberapa kelebihan toko online jika dibandingkan dengan toko offline, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Modal lebih terjangkau. Dibandingkan dengan toko offline yang menuntut kita harus punya lahan dan bangunan, toko online tentu lebih terjangkau. yang kita perlukan adalah lapak maya yang sekarang ini banyak sekali bisa kita dapatkan dengan gratis. Kita juga bisa menghias toko kita dengan tools ataupun software gratis. Modal yang lumayan agak besar ketika kita menjalankan bisnis berupa toko online adalah perangkat kerja berupa komputer atau laptop, modem dan koneksi internet, dan tentunya produk yang yang akan kita jual. Namun jika kita terkendala dengan masalah produk, bisa saja kita akali, dengan memilih sistem yang tidak memerlukan modal terlalu banyak. seperti sistem dropship misalnya, Nanti akan kita bahas di artikel yang selanjutnya.
  • Pemasaran Lebih Luas. Toko offline memiliki keterbatasan dalam masalah wilayah pemasaran. Tetapi tidak dengan toko online, Kita bisa memasarkan produk hingga keseluruh pelosok penjuru dunia jika kita mau. Namun perlu diingat, jika kita ingin memasarkan produk hingga ke luar negeri, kita harus memperhatikan danb memperhitungkan bahasa yang digunakan dalam situs web toko online kita, beserta sistem pengirimannya. Didalam blog saya ini hanya akan saya bahas tentang pemasaran produk di dalam negeri saja terlebih dahulu.
  • Promosi Tidak Terbatas. Dengan adanya tekhnologi internet sebagai sarana bisnis toko online, kita bisa mempromosikan toko online kita selama 24Jam tanpa henti. Tergantung bagaimana kita yang mengaturnya. Nah, jangan khawatir ya sob, nanti di blog ini akan kita bahas tentang promosi yang tiada batasannya. Akan kita bahas juga tentang bagaimana cara memilih tempat yang sesuai untuk beriklan (Bisa yang gratis atau juga berbayar), bahkan bisa menentukan sendiri harga iklan yang sesuai dengan isi kantong kita.
  • Biaya Operasional Lebih Terjangkau. Dibandingkan dengan toko offline yang memerlukan biaya operasional lebih banyak, meliputi listrik, gaji pegawai, perawatan fisik toko, sewa toko/lapak dan lain-lain, tentu saja bisnis toko online lebih sedikit dalam memakan biaya. Kita hanya perlu membayar listrik, biaya internet dan sewa(hosting+domain).
Nah tersebut di atas adalah beberapa alasan mengapa bisnis toko online sekarang ini begitu banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Bagaimana dengan anda? Saya yakin anda pasti sangat berminat. Tetap kunjungi blog ini, karena di blog ini akan saya kupas tuntas tentang cara membuat toko online, cara mendapatkan produk dan cara pemasarannya. Ditunggu artikel yang berikutnya ya teman-teman? Terimakasih sudah mampir di www.uanginternet84.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar